SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)

PELAYANAN  PERIZINAN

 

A.   Dasar Hukum Pelaksanaan

  1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
  2. Peraturan Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat  Unit  Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
  3. Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat  Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.
  4. Peraturan Walikota Prabumulih Nomor 34 Tahun 2016  tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat  Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Prabumulih.

 

B.   Variabel Penelitian

Variabel peneltian  Survei Kepuasan Masyarakat adalah

1.      Persyaratan pelayanan

2.      Prosedur pelayanan

3.      Waktu/kecepatan pelayanan

4.      Biaya/tarif

5.      Kesesuaian Produk layanan

6.      Kompetensi Pelaksana layanan

7.      Perilaku pelaksana

8.      Penanganan pengaduan

9.      Sarana dan prasarana

 

C.     Populasi

Populasi atau Responden  dalam Survei ini adalah Pelanggan atau Masyarakat Pembuat Izin pada Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan yang izinnya telah selesai dan di data saat pengambilan izin.

 

D.     Sampel

Responden dalam Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Prabumulih di tetapkan sebanyak 100 sd 200 orang Responden (N=200) dipilih secara acak/random (maksimal).

 

E.     Lokasi dan Waktu

1.  Lokasi

               Pengumpulan data melalui kuesioner dilakukan pada

a.    Front Office Pelayanan Pengaduan dan Informasi Layanan

b.    Survei langsung ke tempat usaha.

 

2.  Waktu Pelaksanaan Pengumpulan Data

Survei Indeks Kepuasan Masyarakat tentang pelayanan publik pembuatan perizinan di DPMPTSP dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam satu tahun (persemester).

 

F.   Metode Pengolahan Data Survei Kepuasan Masyarakat

1.        1.   Metode Pengolahan Data Survei  Kepuasan Masyarakat

Teknik pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada responden tentang pelayanan publik/pelayanan perizinan di DPMPTSP saat pengguna izin mengambil izin yang telah diterbitkanHasil dari kuesioner yang telah disebarkan atau diisi oleh responden diolah dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1.    Mengurutkan daftar responden dari 1 sampai dengan 200, (N=200 responden maksimal).

2.    Melakukan editing/meneliti kembali apakah lembar isian kuesioner sudah lengkap.

3.    Coding  yaitu mengklasifikasikan jawaban atau hasil yang ada menurut macamnya kedalam bentuk yang lebih ringkas dengan memberikan kode/bobot nilai dalam pengolahan data, nilai persepsi yang diberikan dari angka 1 sampai dengan 4 untuk setiap unsur pelayanan.

4.    Transfering (pemindahan data) yaitu memindahkan data yang telah di dapat menurut kelompoknya masing masing.

5.    Tabulating (tabulasi data).

Data/bentuk jawaban dari setiap unsur pelayanan disajikan dalam bentuk tabel, kemudian diolah dan dianalisa

6.    Melakukan pencarian Nilai Rata–Rata (NRR) per unsur dengan rumus sebagai berikut:

           

7.    Melakukan  pencariannilai  rata–rata  tertimbang  per-unsur  dengan  rumus sebagai berikut :

            


8.    Melakukan pencarian nilai indeks pelayanan dengan menjumlahkan 10  unsur dari NRR tertimbang

9.    Tabel Nilai Persepsi, Interval SKM (Nilai Dasar=25), Interval Konversi SKM, Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan


                        

            

              

                


Laporan SKM Semester 1 Tahun 2021


DPMPTSP Kota Prabumulih - Beranda
Beranda
Beranda Beranda Beranda